Pages

Senin, 28 November 2011

Tugas Pertekom Individu Sheila Soraya judul "Perkembangan komunikasi dalam social network"

Pendahuluan
Pada saat sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat, apalagi dibidang komunikasi yang sangat maju. Mungkin pada jaman dulu, kita masih menggunakan alat yang tidak bisa digunakkan pada saat kita sedang ditempat yang jauh dari pemukiman. Tetapi pada memudahkan kita untuk mendekatkan yang jauh.
Perkembangan pada masa prasejarah bermula dengan adanya bahasa isyarat yang ada maknanya dan juga adanya batu yang ditulis untuk bisa melakukan komunikasi. Pada masa sekarang hal tersebut mungkin sudah tidak pernah dilakukan karena jaman sekarang sangat lah mudah untuk melakukan komunikasi. Suatu komunikasi akan bisa berjalan lancar dengan adanya bantuan teknologi, sebenarnya tanpa adanya teknologi pun mungkin komunikasi bisa berjalan akan tetapi teknologi adalah suatu hal yang mungkin tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat pada jaman sekarang ini.
Saat ini perkembangan teknologi yang pesat ini saya ingin membahas tentang “ Perkembangan komunikasi dalam social network “. Banyak pertanyaan yang saya bahas disini. Beberapa masalah yang ada disekitar social network, membuat hal-hal yang sangat menarik. Dari mulainya jejaring yang mulai muncul dan membrudak terhadap adanya social network yang bisa membuat orang terimidasi terhadapnya. Akan saya bahas disini.
Suatu komunikasi pada saat ini seringnya melakukan dengan internet, artinya suatu komunikasi akan berjalan semestinya dengan adanya timbale balik. Jika kita bisa menerima teknologi tersebut dangan baik. Itu atinya suatu komunikasi berjalan dengan lancar.
Didalam ini ada beberapa hal yang membuat orang-orang kadang cuamnn inigin memikirkan komunikasinya saja tetapi tidak memikirkan hal-hal yang perlu dipikirkan kembali. Misalnya keuntungan dan kerugian apa yang kita dapat dari sini itu apa saja. Saat munculnya social network bagi masyarakat, jejaring social apa saja yang sekarang sedang meraja rela dan manfaat fungsi serta positif negatif bagi kita apa saja.


Pembahasan
Perkembangan dalam suatu teknologi terhadap jejaring social atau social network yang bisa membuat kita dekat terhadap suatu hal. Dalam suatu perkembangan itu tergantung kepada masyarkatnya sendiri apa bisa dia atau mereka menerima suatu perkembangan yang dampaknya positif maupun negatif terhadap masyarakat itu sendiri, terkadang mungkin ada masyarakat yang justru tidak bisa menerima suatu perkembangan meskipun itu baik dalam diri mereka. Akan tetapi jika kita pantau dari masyarakat di indonsia bisa digaris bawahi,kalau masyarakat kita bisa menerima suatu kemajuan untuk bangsa dan diri mereka.
Semisal suatu perkembangan gaya bicara atau bahasa yang lain, seperti mungkin dulu kita banyak yang tidak mengerti bahasa asing seperti bahasa inggris. Namun sekarang banyak sekali orang jaman sekarang ini sudah bisa atau hampir mahir berbahasa inggirs,bahkan bahasa yang lain pun ada yang bisa. Itu semua karena perkembangan teknologi yang mampu membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu dan yang tahu bisa menjadi lebih tahu dari yang sebelum-sebelumya.
Sebuah perkembangan teknologi, bermulanya dari hal-hal pada jaman prasejarah itu sendiri. Tidak mungkin tiba-tiba perkembangan langsung menjadi begitu pesat seperti sekarang, dulu mungkin kita masih munggunakan pager atau ht untuk menghubungi sesorang pada jarak jauh itu pun jauhnya bisa diukur pada berapa meter.
Ketika perkembangan adalah suatu prioritas yang harus ada dalam teknologi, mungkin kita harus mengikuti perkembangan itu sendiri. Banyak dari kita mungkin menganggap perkembangan adalah hal yang sangat biasa, namun tanpa dia sadari perkembangan  teknologi yang sudah sangat pesat  akan memiju kita agar lebih maju dalam pola pikir. Perkembangan teknologi juga dalam social network akan saya bahas :



1.    Ketika munculnya social network
Saat munculnya internet sudah bisa ditebak mungkin akan muncul jejaring sosial. Dulu pada saat internet muncul, banyak yang tidak mengerti. Apa itu internet? Apa gunanya ? Buat apa adanya internet? Seribu pertanyaan perkecambuk didalam pikiran setiap orang pada saat jaman dulu. Bahkan mungkin ada yang tidak mau tahu atau bahkan tidak tahu menahu adanya internet sebenarnya. Kalau tidak salah internet muncul di Indonesia sekitar tahun 1997 dikala itu internet muncul, di saat itu banyak di sekitar kita yang tidak tahu bahkan tidak mengerti adanya internet. Dan mulai berrjalannya waktu semua orang mulai memahami adanya internet itu sebenarnya.
Internet adalah alat serba guna itu dalam benak orang yang sering atau bahkan setiap hari bermain dengan internet, dalam setiap harinya. Didalam benak mereka mungkin tanpa internet rasanya akan berbeda. Tapi tidak setiap orang berkata seperti itu atau berfikiran seperti itu, ada jugga yang berfikir tak ada gunanya internet itu. Tanggapan mereka sangat lah jauh jaraknya, artinya mungkin internet itu penting bagi kita tapi juga jangan terlalu tergantung kepadanya atau jangan juga acuh tak acuh dengan adanya internet. Internet adalah tempat memiliki teman dari yang kita susah berkomunikasi dengan internet dalam dunia maya kita bisa memiliki teman tanpa harus bertatapan muka secara langsung, internet pula tempat berbagi ilmu kepada orang lain juga mencari ilmu kepada orang lain, karena setiap kita cari apa saja pasti aka nada jawabanya, internet pula tempatnya orang berbisnis artinya banyak sekali sekarang ini menjual barang-barang yang ada.
Ketika internet muncul kemudian social network atau jejaring sosial mulai ada, mereka bisa mendekat kan yang jauh. Saat itu jejaring sosial hanya digunakan di luar negeri saja, saat itu di Indonesia belum mengerti apa internet dan sebagainya. Saat itu mulai muncul jejaring social friendster banyak sekali yang menggunakannya pada saat itu, remaja-remaja pun menggunakannya. Jejaring sosial tersebut bisa menggantikan sosok orang lain yang jarang sekali berbicara dan berkomunikasi kepada orang lain, namun ketika dia ada di dunia maya sifat karakter dia berubah seperti bisa berkomunikasi dengan baik. Perkembangan teknologi komunikasi seperti mendapat dampak yang cukup positif terhadap masyarakat itu sendiri, bukan kepada individu sendiri tetapi kepada orang lain juga. Sesuatu hal yang ingin membuat maju negara adalah teknologi yang mampu atau bisa membuat teknologi maju. Pada saat sekarang ini, banyak sekali orang-orang bahkan lebih tepatnya hampir tidak ada orang yang tidak mempunyai e-mail, karena menurut mereka jika tidak mempunyai adalah suatu hal yang sangat kurang sekali.

2.      Maraknya jejaring sosial yang mulai berdatangan satu-persatu
Mulai dari friendster meraja rela di internet berdatangan lah jejaring sosial lainnya, yang mulai meraja rela di internet. Internet kemudian tidak asing lagi bagi masyarakat kita, banyak sekali dari kita yang mempunyai akun facebook, pada saat tahun 2000-an datang lah facebook yang mendapat peringkat pertama menjadi jejaring sosial. Pada saat facebook muncul Indonesia termasuk salah satu peringkat 5 besar yang menduduki akun facebook terbanyak.
Pada saat sekarang ini, banyak sekali pertanyaan. Siapa sih yang tidak punya facebook?? Pasti lah semua orang akan berfikiran jadul (jaman dulu) sekali dia tidak punya facebook pada saat era globalisasi yang serba modern ini. Hanya orang-orang yang mempunyai alasan yang tepat lah mengapa dia tidak mempunyai akun facebook tersebut. Pada dasarnya setiap orang berhak mempunyai atau tidak akun jejaring sosial tersebut. Bagi saya sendiri mungkin sangat perlu mengupdate akun-akun jejaring sosial yang ada pada saat sekarang ini. Mungkin bukan hnaya teman saja yang didapat, ilmu tentang agama pun bisa, berita yang lebih update dari pada berita di Koran televisi ataupun radio, bisa juga membeli suatu barang yang mungkin langka didalam kenyataan tetapi didalam jejaring sosial atau bisa kita kenal sebagai online shop lebih update dan lebih terjangkau mungkin.
Semua itu bisa kita dapat kan melalui jejaring sosial, tetapi di dalam jejaring sosial bukan hamya segi positifnya saja yang ada tetapi segi negatifnya pun banyak. Itu yang perlu kita hindari sebagai pemakai fasilitas internet yang menjadi perkembangan teknologi, banyak sekali orang-orang yang lengah akan hal tersebut. Mungkin perkembangan teknologi di bangsa kita sudah sebegitu maju akan tetapi masih banyak orang yang bisa ditipu melalui jejaring sosial tersebut, seperti penipuan uang, penculikan, dan bahkan pemerkosaan yang bisa terjadi karena jejaring sosial tersebut. Ada kalanya kita percaya akan teknologi tetapi kita harus tetap waspada terhadapnya, bukan langsung takluk akan adanya teknologi yang ada. Setiap hal yang terjadi pastinya mempunyai hal-hal negatif dan positif lainnya. Teknologi yang ada disekitar kita itu adalah proses untuk maju dalam suatu teknologi yang ada, jika kita tidak bisa menerima suatu teknologi tersebut maka kita tidak ingin maju dalam perkembangan jaman pada masa sekarang ini. Mungkin siapa yang tidak kenal twiteer, facebook pasti lah dia mungkin dikira kurang maju padahal terkadang mereka yang memiliki akun-akun tersebut bukan berarti maju dalam satu hal itu. Tapi cukup diajungi jempol mungkin mereka adalah sosok-sosok yang memiliki kreatifitas dalam cyber (adalah suatu suatu hal yang biasa disebut juga akun jejaring sosial yang ada). Jika sesorang sudah merasa menyenangkan dalam akun-akun tersebut maka dia akun-akun tersebut sudah dia anggap seperti teman bahkan kawan. Mereka sudah merasa asyik sendiri terkadang orang yang dekat bisa berjauhan karena jejaring sosial dalam perkembangan teknologi yang ada. Berkembangan jejaring sosial yang berdatangan membuat orang-orang semakin banyak memiliki akun-akun tersebut. 















Kesimpulan
Bisa kita tarik kesimpulan bahwa perkembangan teknologi adalah salah satu hal yang perlu sekali ada dalam sebuah perkembang jaman yaitu teknologi, jikalau teknologi tidak bisa berkembang maju maka perkembangan teknologi gagal. Suatu perkembangan teknologi dalam komunikasi bukan dari cara kita berbicara melain kan dari cara kita berbicara melewat apa ? apa secara langsung tetapi melewati apa mereka berkomunikasi? Pada jaman sekarang ini dunia maya sudah tidak asing lagi untuk kita, dunia maya sudah seperti teman saja bahkan seseorang pun ada yang tidak bisa hidup tanpa akun-akun jejaring sosial, tak bisa melakukan aktifitas kalo belum melihat akun-akun tersebut, setiap berapa menit sekali pasti ada saja yg dibicarakan dalam akun-akun tersebut terkadang pun ada salah satu akun yang membicara kan hal-hal yang mungkin bagi kita  tidak penting tetapi itu hak mereka untuk membicara kan hal itu. Perkem bangan teknologi yang ada pastinya membuat perkembangan jaman lebih maju lagi.





0 comments: